AD (728x60)

Powered by Blogger.

(Tab Widget 3)

(Tab Widget 4)

Saturday, August 30, 2014

Manfaat, Fungsi, Peran Taman Rumah pada Kondisi Emosional Seseorang

Share & Comment

Taman dan Psikologi serta perubahan Emosi Seseorang. Pernahkah Anda merasakan adan sesuatu yang bikin hati kita senang saat kita menatap barisan pot bunga di halaman rumah? Atau ketika mendengarkan gemericik air kolam yang menyejukkan hati? Ternyata sobat Pertiwi, taman itu juga mempengaruhi emosi dan psikologi kita. Berikut sedikit ulasan menganai manfaat, peran, atau pentingnya taman eksterior rumah bagi emosi seseorang. 
Gambar 1.0 Taman sebagai eksterior rumah dengan banyak manfaat

Banyak manfaat yang bisa didapat dari memiliki taman atau kebun di rumah sendiri. Tak hanya untuk kesehatan fisik saja, taman juga memiliki dampak positif bagi mental seseorang.
Emosi negatif seperti perasaan gelisah dapat disebabkan aktifitas monoton di dalam ruangan. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang membahayakan kesehatannya karena jarang berada di luar ruangan dan mendapatkan udara segar.
Oleh karena itu, para peneliti menyarankan agar setiap rumah memiliki taman. Walau taman yang dimiliki tak terlalu luas, tetapi manfaat dari berkebun dapat dirasakan oleh seluruh generasi baik tua maupun muda.
Dari penelitian ditemukan bahwa memandang taman saja sudah cukup memberikan efek baik untuk kesehatan psikologi seseorang. Pemandangan taman yang hijau dan bunga bewarna cerah bisa memberikan perasaan senang bagi yang melihatnya. Selain itu, aroma segar dari tanaman hijau dan wangi bunga juga bisa membuat perasaan menjadi rileks.
Adanya taman di rumah membuat Anda memiliki kegiatan baru yang menyenangkan. Sobat Pertiwi dapat menjadikannya sebagai hobi atau hanya sekedar membuat taman kecil yang simpel dan hanya membutuhkan perawatan sekali sehari. Menurut peneliti, ini adalah salah satu bentuk olahraga yang baik bagi tubuh, dan bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.
Memiliki taman juga bisa menjadi salah satu pemicu sobat untuk mengonsumsi makanan sehat. Sobat bisa memakan makanan dari kebun sendiri, tentunya makanan yang dikonsumsi lebih segar dan lebih sehat dibandingkan makanan yang sobat beli di supermarket. Cobalah tanam beberapa jenis bumbu dapur dan sayuran yang mudah dirawat, dengan ini sobat juga bisa sekalian menghemat pengeluaran dapur.
Dengan adanya taman di rumah, sobat memiliki kegiatan baru yang asik dan menyenangkan. Dapat anda jadikannya sebagai hobi atau sekadar membuat taman kecil yang simpel ditambah lagi  hanya membutuhkan perawatan sekali sehari. Dengan adanya kegiatan baru dirumah anda ini,membuat tubuh anda jadi lebih sehat karena aktifitas ini sudah termasuk kita berolahraga.
Nah, manfaat taman pada kondisi emosi dan psikologi seseorang teryata membawa imbas manfaat pada kondisi yang lain, misalnya kesehatan seseorang. Taman dengan berbagai macam tumbuhan hijau, rerumputan, bebungaan, dan mungkin dalam area yang luas dapat pula ditanami pepohonan rindang, dapat menjadi suplai oksigen yang luar biasa namun sederhana karena dengan manajemen yang baik dapat kita buat sendiri. Hmmm... Lalu apa pentingnya bagi psikologi pelajar? Karena saya juga seorang pelajar, sobat Pertiwi yang mungkin juga masih pelajar, tentu merasakan seperti di re-charge ketika menghirup udara segar dari pohon pohonan di taman. Oksigen yang melimpah dan kita hirup, lalu masuk ke aliran darah ke otak, sel sel otak akan semakin baik kinerjanya. Perubahan emosi  terjadi ketika sobat Pertiwi suntuk atau jengkel, kemudian menghirup udara segar kondisi tensi emosi akan membaik.
Salah satu tanaman yang mungkin sobat pernah temukan di taman adalah puring. Tahukah sobat Pertiwi? Tanaman puring juga merupakan penyaring karbondioksida. Jadi, apabila tanaman ini berada di taman sobat selain sebagai suplai oksigen, taman juga menjadikan udara rumah menjadi bersih dan sehat.
Gambar 1.1 Contoh taman : konsep taman kayu

 Oh ya, jika kita memiliki taman,juga bisa menjadi pemicu Anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Sobat bisa memakan makanan dari kebun sendiri yang ditanam di taman anda, Sudah pasti makanan yang dikonsumsi lebih segar dan lebih sehat dibanding dengan  makanan yang dibeli di supermarket. Cobalah tanam beberapa jenis bumbu dapur dan sayuran yang mudah dirawat, dengan ini sobat juga bisa sekalian menghemat pengeluaran dapur.
Okay, sebagai pelestari lingkungan sobat Pertiwi tentunya bisa mulai bergerak dengan membangun taman sendiri di rumah. Sesuai ulasan di atas, taman memiliki banyak manfaat dan fungsi salah satunya pada emosi kita yang kemudian membawa imbas manfaat pada kesehatan kita. Terima kasih atas kunjungan sobat! Visit lagi eaa... Jangan lupa follow blog kami dan twitter kami @devaraadhika_ untuk informasi lebih. Indonesia: Jaga, Cintai, Lestarikan!



taman rumah, eksterior rumah, manfaat taman rumah, fungsi taman rumah, peranan pentingnya taman hiasan eksterior rumah pada kesehatan kesehatan dan psikologi seseorang, manfaat taman rumah pada psikologi pelajar, taman, bunga, pohon, hijau, lingkungan, alam terbuka,
Tags: , , , , , , ,

Ditulis oleh

Saya adalah siswa SMA, pelajar di kelas Akselerasi, seorang blogger, pemerhati lingkungan dan senang berbagi.

8 comments:

  1. jadi makin semangat buatikin taman di rumah niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, lanjutkan! Karena taman baik interior maupun eksterior rumah tetap memberi banyak manfaat.

      Delete
  2. Manfaatnya banyak juga, makasih infonya ya. Jadi pengen buat taman nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentar sobat Pertiwi! Sama sama

      Delete
  3. Ane harus bikin taman rumah jadi lebih cakep nih, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  4. wh itu bisa mempercantik rumah tuh, ayo kita terapkan pada rumah kitaa

    ReplyDelete

 

Video Sobat

Kata Bijak

"Apakah jika pohon terakhir akan ditebang, dan mata air terakhir berhenti mengalir, baru saat itulah manusia sadar bahwa uang tidak dapat dimakan dan diminum. "

~Sobat Pertiwi, PIB~
"Earth provides enough to satisfy every man's needs, but not every man's greed. "

~Mahatma Gandhi~

Coretan Terbaru

Indonesia: Jaga, Cintai, Lestarikan!

Mengapa? Lingkungan alam Indonesia sedang mencapai masa kritis sekarang karena berbagai macam perusakan dan penghancuran karena ulah manusia. Maka, Sobat Pertiwi, mari kita menjaga, mencintai, melestarikan lingkungan alam dan buatan Indonesia sebaik mungkin !
Copyright © Deva Untuk Pertiwi | Designed by Someone